membahas tentang bisnis online,SEO,Internet marketing,portal berita

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengaruh musik untuk tunanetra

Semua orang sudah paham bahwa musik memiliki efek positif bagi kesehatan jiwa dan raga, khususnya bagi anak-anak yang masih berada dalam tahap perkembangan. Dr. Ali Zadeh Muhammadi seorang psikolog klinis yang sudah 20 tahun melakukan penelitian dan praktik musik mengemukakan bahwa musik juga memiliki dampak positif bagi anak-anak penderita gangguan mental serta penyandang tuna netra.

Musik dikalangan tuna netra memiliki pengaruh unik terutama untuk daya pendengaran mereka, sehingga musik sangat berpengaruh positif terhadap kualitas hidup orang-orang tuna netra. Musik-musik bertema semangat adalah yang paling banyak disukai oleh para tuna netra. Musik bertema semangat dinilai mampu membuat para tuna netra lebih percaya diri.

Musik semangat juga berfungsi untuk mendorong para tuna netra untuk lebih bersemangat menjalani hidup yang sulit. Dibeberapa daerah di Indonesia sudah banyak muncul grup-grup musik yang anggotanya adalah tuna netra. Dengan musik mereka tidak malu lagi tampil didepan umum kendati memiliki banyak kekurangan fisik.

Seruling dan drum merupakan instrumen yang paling disukai oleh para tuna netra, sebab dua instrumen inilah yang paling mudah dipelajari oleh mereka, yakni dengan menghapal bunyi serta bagian instrumen yang harus dimainkan. Namun beberapa pakar juga menyarankan para tuna netra mempelajari piano.
Piano dapat mengasah ketajaman dan daya ingat mereka, sehingga hanya dengan perasaan saja paa tuna netra bisa memainkan piano. Jika anda memiliki kerabat tuna netra beli piano yamaha dan ajarkan mereka memainkan instrumen tersebut hingga semangat hidupnya kembali membuncah.

0 Komentar untuk "Pengaruh musik untuk tunanetra"

Back To Top